-
Nama
Permainan :
Rollet Math
-
Konsep
Permainan : Bermain Sambil Belajar
-
Sasaran
Permainan :
Siswa SMP / MTs Kelas VII
-
Tujuan
Permainan :
- Memberi
latihan kepada siswa dengan cara bermain sambil belajar.
- Sebagai
tolak ukur pada siswa dalam penguasaan materi selama 1 semester.
- Melatih
siswa dalam efektivitas waktu.
-
Aturan
Permainan :
1. Satu Kelompok diberi 1 kesempatan untuk memutar Rollet Math
2. Pada saat Rollet Math berhenti berputar kelompok itu wajib memilih 1 dari 3 amplop pilihan yang telah disediakan dan menjawab soal-soalnya dengan tepat.
3. Waktu yang disediakan oleh team penilai adalah ± 3 menit untuk menjawab soal.
4. Jika saat memutar Rollet Math berhenti pada warna biru tua maka kelompok tersebut mendapatkan babak bonus serta kesempatan untuk memutar Rollet Math 1 kali lagi.
5. Jika saat memutar Rollet Math berhenti pada warna hitam maka kelompok tersebut mendapatkan zonk atau tidak diperkenankan untuk memilih so’al dan kelompok selanjutnya diperkenankan untuk melanjutkan permainan.
6. Kelompok yang mendapatkan skor 100 akan dinyatakan sebagai pemenang.
7. Jika terdapat kelompok yang skornya sama maka akan dilakukan quick test.
1. Satu Kelompok diberi 1 kesempatan untuk memutar Rollet Math
2. Pada saat Rollet Math berhenti berputar kelompok itu wajib memilih 1 dari 3 amplop pilihan yang telah disediakan dan menjawab soal-soalnya dengan tepat.
3. Waktu yang disediakan oleh team penilai adalah ± 3 menit untuk menjawab soal.
4. Jika saat memutar Rollet Math berhenti pada warna biru tua maka kelompok tersebut mendapatkan babak bonus serta kesempatan untuk memutar Rollet Math 1 kali lagi.
5. Jika saat memutar Rollet Math berhenti pada warna hitam maka kelompok tersebut mendapatkan zonk atau tidak diperkenankan untuk memilih so’al dan kelompok selanjutnya diperkenankan untuk melanjutkan permainan.
6. Kelompok yang mendapatkan skor 100 akan dinyatakan sebagai pemenang.
7. Jika terdapat kelompok yang skornya sama maka akan dilakukan quick test.
-
Skoring :
1. Jika
jawaban benar, tepat dan selesai sesuai batas waktu yang telah ditentukan
mendapat skor +20
2. Jika
jawaban salah mendapat skor -10
3. Skor
(+10) diakumulasikan dengan skor setelah menjawab pertanyaan akan diberikan pada
babak bonus.
4. Skor
+50 akan diberikan saat quick test. (Jika terjadi skor yang seimbang).
-
Alat
dan Bahan yang digunakan:
1. Triplek
2. Sterofom
3. Lem
4. Kertas
5. Kertas
Asturo
6. Penggaris
7. Gergaji
8. Jangka
9. Biring
9. Biring
-
Cara
Bermain :
1. Mula-mula bentuk beberapa kelompok dalam satu kelas.
2. Buat urutan dari kelompok yang telah dibuat tersebut. Misalnya : Kelompok A, Kelompok B, … dan seterusnya.
3. Selanjutnya, setiap kelompok diberi 1 kesempatan secara bergiliran untuk memutar Rollet Math. Dalam Rollet Math terdapat materi-materi ajar yang akan diujikan kepada tiap kelompok.
4. Pada saat Roolet Math berhenti setiap kelompok dipersilahkan untuk memilih 1 dari 3 amplop pertanyaan yang telah disediakan. Didalam amplop-amplop tersebut terdapat pertanyaan-pertanyaan yang diwajibkan untuk dijawab oleh kelompok tersebut.
5. Setelah memilih 1 amplop, kelompok tersebut diberi waktu selama ± 3 menit untuk menjawab, dan dari jawaban tersebut dapat memberikan skor untuk setiap kelompok.
6. Kelompok yang lebih cepat mendapat skor 100 akan dinyatakan sebagai pemenang. Dan apabila terdapat skor seimbang maka akan dilakukan quick test untuk kelompok tersebut.
1. Mula-mula bentuk beberapa kelompok dalam satu kelas.
2. Buat urutan dari kelompok yang telah dibuat tersebut. Misalnya : Kelompok A, Kelompok B, … dan seterusnya.
3. Selanjutnya, setiap kelompok diberi 1 kesempatan secara bergiliran untuk memutar Rollet Math. Dalam Rollet Math terdapat materi-materi ajar yang akan diujikan kepada tiap kelompok.
4. Pada saat Roolet Math berhenti setiap kelompok dipersilahkan untuk memilih 1 dari 3 amplop pertanyaan yang telah disediakan. Didalam amplop-amplop tersebut terdapat pertanyaan-pertanyaan yang diwajibkan untuk dijawab oleh kelompok tersebut.
5. Setelah memilih 1 amplop, kelompok tersebut diberi waktu selama ± 3 menit untuk menjawab, dan dari jawaban tersebut dapat memberikan skor untuk setiap kelompok.
6. Kelompok yang lebih cepat mendapat skor 100 akan dinyatakan sebagai pemenang. Dan apabila terdapat skor seimbang maka akan dilakukan quick test untuk kelompok tersebut.
KELOMPOK 4
1.
Anisyah (201013500547)
2. Muhammad Irfan (201013500548)
3. Novia Normawatika (201013500550)
4. Misriyaningsih (201013500563)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar